Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran melalui media berbasis teknologi yang diberi nama PODKESTRA bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. PODKESTRA merupakan salah satu media berbasis teknologi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran sains. Kami menggunakan metode research and development dengan desain desain ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) yang dimodifikasi dalam pengembangan alat ini. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia, khususnya mahasiswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa media berbasis teknologi PODKESTRA bagi mahasiswa berkebutuhan khusus merupakan salah satu inovasi media modul digital berbentuk aplikasi yang mudah digunakan oleh mahasiswa berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Hal ini karena PODKESTRA mudah diakses oleh semua mahasiswa dalam proses pembelajaran, khususnya mahasiswa tunanetra. Fitur-fitur materi yang dilengkapi audio dengan intonasi suara yang disesuakan memudahkan mahasiswa tunanetra dalam menggunakannya. Media berbasis teknologi dalam bentuk PODKESTRA ini diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi pembelajaran yang memudahkan pendidik dalam membelajarkan mahasiswanya khususnya, anak berkebutuhan khusus