B. Tujuan Tujuan dari inovasi pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus tahun ini terfokus pada model pembelajaran guided CMI dalam perkuliahan di perguruan tinggi yaitu 1) Tercapainya kualitas pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus dengan adanya peningkatan pemahaman materi perkuliahan; 2) Menerapkan guided CMI dengan modifikasi sehingga dapat mengakomodasi pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus; 3)Tujuan jangka panjang penerapan inovasi pembelajaran ini dapat menjangkau dan digunakan oleh semua dosen di universitas negeri Yogyakarta. Sasaran tersebut diharapkan menjadi dasar penerapan perkuliahan yang dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa berkebutuhan khusus oleh dosen-dosen di lingkup jurusan PLB. Tujuan jangka panjang penerapan inovasi pembelajaran ini dapat menjangkau dan digunakan oleh semua dosen di Universitas Negeri Yogyakarta C. Manfaat Manfaat yang diharapkan menjadi dasar penerapan perkuliahan yang dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa berkebutuhan melalui gudied CMI yang dapat digunakan oleh dosen dosen di lingkup jurusan PLB. Manfaat bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yakni: 1. Mahasiswa berkebutuhan khusus dapat mencapai capaian pembelajaran secara optimal karena menguasai pemahaman materi perkuliahan melalui pembahasan kasus permasalahan sesuai kontekstual. 2. Mahasiswa berkebutuhan khusus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, bernalar analitis sintesis dengan panduan untuk mengamati permasalahan sosial dari berbagai sumber informasi. 3. Mahasiswa berkebutuhan khusus terlibat aktif dan inisiatif memberikan pendapat tentang solusi yang ditemukan berdasarkan analisis kasus sesuai topik perkuliahan.