Pendahuluan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang dituntut menghasilkan lulusan yang kompeten. salah satu mata kuliah kompetensi yang harus terpenuhi adalah farmakologi. Sebaqat salah satu mata kuliah kompetensi, dirasa penting untuk mengembangkan media pembelajaran yang mempermudah dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mempelajarinya. Pada proses pembelajaran saat ini setiap mahasiwa memiliki karaktenstik yang unik. Karakteristik yang uruk membuat mahasiwa di lingkungan Perguruan Tingg1 belajar keberagaman. Dasen menyikapi keberagaman mahasiswa dikelas dengan cara memfasilitasi mahasiwa tertibat aktif proses pembelajaran, tidak terkecuali bagi mahasiswa dengan keterbatasan kemampuan dalam belajar atau disebut dengan slow learner. Tujuan Tujuan inovasi ini adalah mengembangkan sebuah Teknologi Bantu Animasi Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk membantu mahasiswa disabilitas dengan kategori slow learner dalam memahami materi pembelajaran ditengah keterbatasan yang mereka alami. Metode lnovasi media pembelajaran ini dilakukan dengan ranqkatan percobaan dimulai dari menentukan konsep yang cocok untuk mata kuliah farmakologi yang kernudran di design sesuai dengan kebutuhan subyek sasaran. Bahan dan materi dikumpulkan dan di proses (assembly) berdasarkan storyboard dan struktur navrqast yang berasal dari tahap desain. Uji coba (testing) program dilakukan sebagai bentuk validasi sebelum di distribusikan kepada subyek. Media pembelajaran yang dibuat selain didistribusikan kepada mahasiswa dengan kategori slow learner juga didistribusikan kepada mahasiswa lainya. Pengujian keberhasilan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa slow learner dalam belajar farmakolog1 diukur menggunakan instrument yang yang telah dibuat sesuai dengan standar kompetensi tenaga kefarmasian.