lnovasi pembelajaran dan teknologi bantu (teknologi asistif) bagi mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi akan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuan dan berperan aktif dalam inovasi tehnologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana teknologi asistif dalam pengembangan aplikasi mobile phone 'difable mobile app' bagi mahasiswa dengan hambatan intelektual lambat belajar. lnstrumen ini dianggap penting karena dapat membantu mahasiswa dengan hambatan intelektual dalam bi dang akademik dan non akademik di Universitas Muhammadlyah Makassar. Aplikasi ini membantu mahasiswa hambatan intelektual dalam mengakses berbagai layanan secara akademik maupun non akademik dengan berbasis android berupa 1) layanan jadwal perkuliahan, 2) kartu hasil studi mahasiswa, 3) presensi kuliah, 4) konsultasi, 5) survei dan 6) kalender akademik. Pada tahap pengembangan dilakukan dengan memaksimalkan tampilan media untuk mempermudah fitur tampilan dalam penggunaan media walaupun masih diperlukan berbagai revisi dari hasil validasi ahli media dan ahli materi (89,05%). Tahapan implementasi dilakukan kepada em pat mahasiswa yang memiliki hambatan intelektual lam bat belajar. Hasil respon pengguna dari penggunaan media ini ada kemudahan sekitar 90% dalam hal kebermanfaatannya di bidang akademik dan 92% dalam bidang non akademik. Hasil evaluasi, rnasih diperlukan desain yang lebih menarik dengan panduan yang lebih detail dalam mengaplikasikannya kepada mahasiswa disabiltas intelektual. Pengembangan tehnotogi asistif akan selalu dievaluasi agar dapat diterapkan sesuai dengan harapan bagi mahasiswa disabilitas lainnya yang tentu keberadaannya senantiasa ada dalam lingkungan termasuk di lingkungan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Jln. Raya Jend Sudirman Pintu I, Gedung D Depdiknas, Senayan Jakarta 10270 Telp : (021) 57946100